Sekilas Tentang Android MVP (Model, View and Presenter)

Android MVP merupakan sebuah arsitektur patren dalam mengembangkan aplikasi berbasis android. MVP singkatan dari Model View Presenter. Selain MVP kita juga sering mendengar istilah MVC (Model View Controller) namun kedua istilah tersebut tidaklah sama. Lalu apa perbedaan antara MVP dengan MVC??

perbedaan MVP dengan MVC

Dalam MVC, Model ini dapat diartikan sebagai object entitas dalam sebuah aplikasi. Misalnya, pada aplikasi Social Media entitas-nya yaitu User. Sedangkan Controller dapat diartikan sebagai penghubung antara View dengan Model.

android MVP

Perbedaan yang cukup signifikan yaitu pada pattern MVP View tidak disarankan untuk berkomunikasi langsung dengan Model melainkan harus melalui perantara atau bisa juga disebut dengan Contract (dalam hal ini Presenter bertugas hanya sebagai Interface antara Model dan View). Sedangkan pada pattern MVC, Controller dapat dimanfaatkan untuk melakukan proses business logic dari Model dan meneruskan nya langsung ke View.

Kenapa harus Menggunakan Andorid MVP

Tidak ada yang keliru ataupun salah saat kita mengembangkan aplikasi tanpa menggunakan arsitektur seperti MVP. Aplikasi kita tetap akan berjalan dengan baik tanpa terkendala apapun, namun coba bayangkan ketika aplikasi yang sudah kita kembangkan satu atau dua tahun yang lalu taerjadi perubahan atau perbaikan terhadap beberapa komponen atau elemen. Apa yang terjadi disaat perubahan tersebut bukan anda yang diminta untuk merubahnya melainkan tim lain. Sungguh hal yang sangat berat, banyak developer berpendapat lebih baik membuat aplikasi baru dari pada merubah aplikasi tanpa standar tanpa menggunakan model arsitektur.

Mengembangkan aplikasi bersama sebuah tim, membutuhkan code yang terstruktur sehingga mempermudah tim lain dalam merubah kode baik saat ini maupun dimasa mendatang.

Untuk mengatasi hal tersebut kita harus menggunakan MVP sehingga semua masalah tersebut dapat teratasi. MVP sendiri terdiri dari tiga bagian yaitu:

  1. Model
  2. View
  3. Presenter

Android MVP (Model,View,Presenter)

android MVP

Model

Model menangani bagian data pada aplikasi. Model tidak dapat berinteraksi secara langsung dengan View. Model mengirim data ke presenter kemudian presenter meneruskan ke View.

View

View menangani tampilan atau layout dari aplikasi. View bertanggung jawab terhadap desain tampilan berdasarkan instruksi yang diberikan oleh presenter. Setiap view memiliki presenter.

Presenter

Presenter murapakan pintu gerbang antara View dengan Model karena antara keduanya tidak dapat berinteraksi secara langsung. Setiap data melewati presenter ini, memperbarui view dengan mengambil data dari model dan memperbarui model dengan data yang diberikan oleh view.

Refrence

Implementasi MVP
Model View Presenter

Sharethis

 

Satu tanggapan untuk “Sekilas Tentang Android MVP (Model, View and Presenter)

  1. Ping-balik: Sekilas Tentang Android MVP (Model, View and Presenter) – Jagungodak | Free ALL Script PHP, javascript, C++

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 2 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.