Konsep Pengembangan Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Mobile Learning

Abstrak – Pembelajaran kolaboratif merupakan filsafat interaksi pembelajaran melalui kerjasama, maka hal ini bisa dilakukan tidak hanya di kelas tetapi juga di luas kelas, termasuk melalui perangkat mobile. Pembelajaran kolaboratif menekankan pada kemampuan untuk mendapatkan atau menyediakan konten pendidikan pada perangkat pribadi yang dapat dibawa kemana saja. Pembelajaran kolaboratif secara tradisional selama ini memiliki kendala dalam hal berbagi, bekerjasama dan mengumpulkan pengetahuan antara individu dan kelompok terutama jika dikaitkan dengan faktor geografis dan lingkungan belajar. Kehadiran perangkat mobile seperti notebook, smartphone dan tablet yang semakin lama semakin memasyarakat tentunya dapat menjadi solusi dalam pembelajaran kolaboratif. Hal ini dapat diwujudkan dengan mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis mobile dengan konsep-konsep pembelajaran kolaboratif yang ada dalam dunia pendidikan. Pembelajaran kolaboratif berbasis mobile memberikan berbagai keuntungan seperti konteks belajar mandiri, portabilitas, konektivitas, dan interaksi sosial. Dengan sistem ini diharapkan agar peserta didik dapat memiliki motivasi yang tinggi untuk mengeksplorasi kemampuannya serta berbagi dan bekerjasama dengan peserta didik lain maupun guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan bersama.
Kata kunci : pembelajaran kolaboratif, pembelajaran mobile, aplika, mobile learning

 

Full Paper:

http://ijns.org/journal/index.php/ijns/article/view/1504

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 2 =