Mustahil, Harapan dan Kenyataan

Menurut kamus Bahasa Indonesia, kata mustahil mengandung arti “Tidak Mungkin (Terjadi)” dalam arti yang sebenarnya yaitu sesuatu yang tidak mungkin terjadi. Mustahil mendapatkan sesuatu tanpa usaha (kerja keras) tentunya disertai doa.

Kata harapan mengandung 3 arti, (1) sesuatu yang (dapat) diharapkan, (2) keinginan supaya menjadi kenyataan, atau (3) orang yang diharapkan atau dipercaya. Harapan dapat juga dikatakan sebuah impian atau cita-cita dimasa yang akan datang.

Kata kenyataan mengandung arti hal yang nyata atau hal yang benar-benar terjadi saat ini atau kejadian dimasa lalu bukan kejadian dimasa yang akan datang. Kejadian dimasa yang akan datang disebut harapan karen belum terjadi atau belum benar-benar terjadi. Harapan dapat menjadi kenyatan atau tidak tergantung takdir yang sudah disiratkan oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Harapan bukan suatu hal yang mustahil, jika Allah SWT sudah berkehendak maka apapun bisa terjadi. Kita hanya bisa berusaha dan berdoa, semoga harapan yang kita impikan menjadi sebuah kenyataan. Kita boleh memiliki harapan selangit, bahkan sesuatu yang mustahil boleh menjadi harapan. Tidak ada yang mustahil didunia ini, jika Allah SWT sudah berkehendak maka semua itu akan terjadi. Cukup dengan kalimat
كُنْ فَيَكُونُ (Kun Fayakun) yang artinya “Jadilah”, maka jadilah ia”

Namun ingatlah selalu bersyukur pada apa yang sudah terjadi atau yang sudah menjadi kenyataan. Jalani apa yang sudah menjadi kenyataan, Berdoa dan berusaha untuk meraih harapan walaupun sesuatu yang mustahil.

Terimakasih.

Note:
Tulisan ini hanya sekedar untuk mengingatkan diri, untuk selalu bersyukur pada apa yang sudah ditakdirkan dengan selalu berharap kesuksesan dimasa yang akan datang walaupun hal itu mustahil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 7 =

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.